Kamis, 25 Oktober 2012

Ini Dia 10 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur


Ini Dia 10 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur


Ketika menjelang tidur, terkadang sebagian dari kita ingin makan sesuatu. Namun, pilihan makanan sebelum tidur harus tepat. Karena, jika kita salah makan, bisa jadi anda malah tidak bisa tidur nyenyak bahkan terjaga hingga pagi.

Tentunya, ini tidak anda inginkan bukan? Berikut adalah 10 daftar makan yang harus dihindari sebelum tidur, seperti dilansir allwomanstalk:

1. Kopi
Kandungan kafeinnya bisa menjadi stimulan sehingga akan membuat anda terjaga dan susah tidur. Kopi juga bersifat diuretik (akan menyerap cairan tubuh dan cepat mengeluarkannya).

2. Coklat
Dark chocolate kaya akan antioksidan, tetapi juga mengandung kafein, dan gula.Kandungan kafein bisa menjadi stimulan sehingga akan membuat anda terjaga dan susah tidur.

3. Keju
Bagi penderita maag, keju merupakan salah satu makanan terburuk sebelum tidur. Makanan ini juga dapat menjadi berat di perut saat akan tidur. Ini dapat mebuat anda menjadi susah tidur.

4. Keripik Thai Pedas
Keripik Thailand pedas tidak cocok jadi camilan sebelum tidur. Kandungan paprika dan bahan-bahan pedas lainnya membuat perut mulas.

5. Cookies, Kue, Es Krim dan Permen
Jenis makanan ini banyak mengandung gula. Gula akan membuat Anda mendengkur saat tidur. Anda bisa mencoba makanan manis alami seperti buah berry atau apel. Makanan ini juga mengandung gula, namun kandungannya tak sebanyak makanan di atas. Selain itu, apel dan berry juga lebih sehat.

6. Hamburger
Makanan ini banyak mengandung kalori, lemak dan berminyak. Makan hamburger sebelum tidur dijamin akan berefek perut mulas.

7. Alkohol
Minum alkohol memang bisa membuat cepat tidur. Namun, alkohol juga mempengaruhi kualitas tidur Anda yakni anda jadi mudah terbangun. Karenanya, hindari konsumsi alkohol 4-6 jam sebelum tidur.

8. Kacang
Kacang merupakan sumber protein yang sangat baik dan serat. Tapi sayangnya, jangan memakannya sebelum tidur. Jenis makanan ini akan membuat Anda banyak mengeluarkan gas.

9. Soda
Soda juga mengandung kafein. Kandungan kafeinnya bisa menjadi stimulan sehingga akan membuat anda terjaga dan susah tidur.

10. Makanan gorengan dan berminyak
Makanan ini nampak begitu-lezat. Tapi sayangnya, makanan ini tidak bagus dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan lemaknya akan mengendap dan membuat berat di perut saat akan tidur. Jika Anda ingin makan makanan gurih, almond atau biskuit gurih bisa jadi alternatifnya.

Jangan khawatir, Anda masih dapat makan snack menjelang tidur. Tapi, tentunya kandungan bahannya harus diperhatikan. Jangan terlalu manis, berkafein, dan nilai kalorinya di bawah 200 kalori (sehingga tidak memberatkan perut anda ketika menjelang tidur).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar