Jumat, 19 Oktober 2012

Sistem Satuan dan Jenis-jenis sistim satuan dalam ilmu Fisika

Sistem Satuan dan Jenis-jenis sistim satuan dalam ilmu Fisika 
BY:Ramadhan Fitria
Sistem satuan dan jenis-jenis sistem satuan dalam ilmu fisika. Dahulu kala, sebelum Satuan Internasional (SI) di sepakati, beberapa negara memakai sistim satuan yang berbeda-beda. Di Inggris dan beberapa negara lain menggunakan sistim British. Di Prancis dan beberapa negara lain menggunakan sistim metrik atau sistem dinamis. Karena itu dibutuhkan besaran dan satuan yang seragam dan disepakai oleh seluruh dunia.

Sistim Satuan International  baru di sepakai bersama pada tahun 1960 dengan pemikiran bahwa perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan baru bisa di peroleh jika ada kesegaraman dalam hal dasarnya seperti sistim satuan ini. Selain itu pemikiran yang menyebabkan munculnya ide penggunaan sistim satuan internasional adalah karena adanya kesukaran dalam kerjasama yang akan di jalin antar negara jika satuan besaran untuk menentukan ukuran yang akan digunakan berbeda dan tidak sama.

Dalam Ilmu Fisika ada 2 jenis sistem satuan, yaitu:
1. Sistem Dinamis (sistem metrik) ini dibagi menjadi dua, yaitu sitem Dinamis Besar (MKS) dan sistem Dinamis Kecil (CGS)
Besaran
Sistem Dinamis Besar
Sistem Dinamis Kecil
1. Panjang
2. Massa         
3. Waktu
Meter (m)
Kilogram (Kg)
Detik (s)
Centimeter (cm)
Gram
Detik (s)
2. Sistem British
Besaran
Satuan
1. Panjang
2. Massa
3. Waktu
Food
Pound
Detik (s)
Dari kedua jenis Sistem Satuan diatas yang disepakati sebagai sistem satuan intenational adalah sistem metrik atau sistem dinamis. Sehingga untuk segala ukuran dan perhitungan yang menggunakan satuan baik dalam fisika, matematika, dan kimia semuanya menggunakan satuan internasional yaitu sistem metrik atau sistem dinamis. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseragaman perhitungan demi perkembangan ilmu pengetahuan. Untuk saat ini, di negara inggris sudah mulai menerima sistem satuan international meski terkadang masih menggunakan sistem british mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar